... read more " /> ... read more " />
24 July 2009

Miss Travelling with AirAsia

By Janna

LET THE JOURNEY BEGINS

Setelah liburan di Bali bulan Agustus 2007, aku mulai berpikir untuk berani pergi ke luar negri sendiri. Dan segera aku realisasikan di bulan Desember 2007.

AirAsia really makes me fly….. jadi demen terbang ke sana kemari…

30 Desember 2007 – 5 Januari 2008,

JAKARTA – BATAM (by plane, AirAsia)- SINGAPORE (by ferry) – JOHOR BAHRU (by taxi) – PENANG (by plane, AirAsia) – KUALA LUMPUR (by plane, AirAsia) – JAKARTA (by plane, AirAsia).

30 Desember 2007 (Jakarta – Batam – Singapore),

di Dolphin Lagoon, Sentosa, Singapore
aku, Chandra dan anakku Jevon, sama ci Amoy, Jessica, Achan dan anaknya Niko, pergi dengan rute Jakarta ke Batam (+/- 500 ribu tiketnya karena hari libur) dengan AirAsia tentunya, terus lanjut ke Singapore dengan Penguin Ferry (150 ribu PP, yang one way malah lebih mahal, jadi kita beli yang PP deh, padahal kita cuma butuh perginya doank!!!), sampe deh kita ke Singapore, tapi sekarang jauh lebih mudah karena Air Asia sudah buka penerbangan langsung dari Jakarta ke Singapore, jadi gak perlu cape-cape lagi lewat Batam, mengirit waktu jg….. karena lewat Batam, kita berangkat pagi, sampai Singapore udah siang, tapi waktu itu tetep dilakuin karena pengen irit biaya fiskal jg, waktu itu kalo langsung dari Jakarta kena fiskal 1 juta, sedangkan kalo lewat Batam cuma 500 rb, lumayan kan separuhnya, dan harga tiket jauh lebih murah dibanding kalo kita harus langsung pergi ke Singapore waktu itu. Di Singapore kita nginep di hotel Oxford bintang 3 yang mur-mer jg….. kalo gak salah sekitar 130 SGD permalamnya, sebenernya kalo di kurs ke rupiah gak mur-mer jg sih, cuma saat itu di Singapore udah paling murah dengan harga segitu, apalagi pas high season. 3 hari kita habiskan untuk keliling Singapura, dari Orchard Road, Mustafa, Bugis Junction, dan tidak ketinggalan Sentosa Island, bawa anak-anak bermain Luge, Sky Tower, pertunjukkan Dolphin, dan jg Water World. Jessica dan keluarga hanya ikut sampai di Singapura saja, sedangkan keluargaku dan ci Amoy lanjutkan perjalanan.

1 Januari 2008 (Singapore – Johor Baru – Penang),

Dari Singapore, kita naik taksi ke bandara Johor Bahru (RM 60), dari Johor Bahru kita terbang dg AirAsia ke Penang (+/- 300 rb). Di Penang kita nginep di hotel Tanjung Bungah (RM 145/day), sangat memuaskan banget, hotelnya di pinggir pantai dan kamarnya pun bagus, di depan hotel ada restoran Sea Food terkenal di Penang, cuma sayangnya kita gak bisa berenang di lautnya, karena banyak jelly fish (ubur-ubur) yg bisa menyengat. Selama di Penang kita pergi city tour dengan menyewa mobil (+/- RM 30/hour). Untuk wisata, Penang Hill (seru naik kereta ke puncak bukit), Toys Museum (tempat mainan dari jaman bahela sampai sekarang, dari Spiderman, Superman, Star Wars, Dora Emon, Garfield, semua ada disini, one of the biggest di Asia Tenggara), Gurney Drive, Pantai Tanjung Bungah, menara KOMTAR, Snake Temple, dan untuk belanja jangan lupa mampir ke pasar malam di Batu Ferringi, barang dari harga murah sampai mahal ada di sini, dari yang asli sampai yang duplikat jg ada di sini. Gak ketinggalan selama di Penang kita jg ber-wisata kuliner, mulai dari Kwetiauw khas Penang, The Two Sisters Kwetiauw yang terkenal memang rasanya enak banget, dan Sea Food di Penang jg menggiurkan untuk dicoba, makanan di food center-nya pun murah meriah dan enak. Jadi kalo ke Penang, jangan lupa yah untuk berwisata kuliner. Penang is a nice place to visit with family.

3 Januari 2008 (Penang – Kuala Lumpur),

Dari Penang, lanjut lagi perjalanan kita ke Kuala Lumpur, jg dengan pesawat kesayangan Air Asia (+/- 150 rb). Tiba di LCCT (airport khusus Air Asia di KL), kita naik bus Star Shuttle (RM 15) untuk sampai ke hotel Bintang Warisan (RM 150/day) yang terletak di tempat strategis di KL, yaitu di Jalan Bukit Bintang, dimana mall-mall besar (Sungai Wang Plaza, BB Plaza, Lot 10) hanya tinggal beberapa langkah kaki saja. Di depan hotelpun ada toko 7 Eleven yang buka 24 jam, di belakang hotel adalah Jalan Alor,(hawker center/pusat makanan). Jadi menurut aku, i get what i want in this hotel, termasuk mur-mer untuk hotel yang lokasinya di Bukit Bintang.
Selama di Kuala Lumpur, kita lebih banyak menggunakan taksi (jauh deket kurang lebih 10 RM selama masih di dalam kota) atau gak naik LRT untuk jalan-jalan. Tips : selalu nawar kalo naik taksi di KL, kalo gak pasti bayarnya muahaalll banget!!! Kita pergi ke Twin Towers, Pasar Petaling, Dataran Merdeka, dan yang bawa anak-anak jangan lupa main ke Sunway Lagoon. Di sana ada permainan-permainan seperti di Dufan, bedanya di sana ada Dry Park dan ada jg Wet Park, dengan tiket seharga 60 RM, rasanya kita perlu menghabiskan waktu yang lama untuk bermain sampai puas, biar gak rugi. hehehhehe.

5 Januari 2008 (Kuala Lumpur – Jakarta),

Setelah 3 hari puas bermain, wisata dan shopping di KL, skg waktunya kita kembali ke Jakarta deh, dengan pesawat AirAsia lagi tentunya (+/- 350 rb). Selesai juga perjalanan selama 7 hari, 4 kali terbang dengan AirAsia, sangat menyenangkan.

Tips beli tiket AirAsia : cari 6-7 bulan sebelumnya, atau pas lagi promo murah atau gratis pasti akan lebih menekan budget perjalanan kita, jadi sebaiknya rencanakan liburan anda jauh-jauh hari. Kalau anda yang tidak bekerja di kantoran, pesan di hari-hari kerja akan jauh lebih murah dibanding pada saat liburan!

Berbekal perjalanan aku sekeluarga dengan ci Amoy, aku mulai mendapat banyak pelajaran, dan memberanikan diri dengan membawa rombongan yang lebih besar. Tunggu aku di perjalanan berikutnya. Tetap dengan AirAsia!!!

Janna